Rancangan Antar Muka (Interface)


A.    Pengertian 
Antarmuka Pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
User Interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam  embangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.

A.    Tujuan Antar Muka (interface) Pengguna
1.       Menyesuaikan antar muka pengguna dengan tugas.
2.       Membuat antar muka pengguna menjadi efisien.
3.       Memberikan arus balik yang tepat kepada pengguna.
4.       Memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
5.       Memperbaiki produktivitas dari pengetahuan pegawai.

B.     Manfaat Antar Muka (Interface) pengguna
Manfaat User Interface untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire 

1.    PERANCANGAN ANTAR MUKA TRANSAKSI PEMBELIAN
Rancangan  Antar  Muka Transaksi Pembelian ini digunakan oleh supermarket untuk memesan stok barang dari beberapa supplier supermarket. Di bagian ini, terdapat text input No.Beli, Tanggal Pembelian, ID Pegawai, Nama Supplier, Jumlah, Jumlah Bayar, Sisa Bayar, Combo Box Data Supllier, Combo Box ID Barang, Kolom hasil penginputan data dari tex input, button edit, hapus, dan cetak.


2.      PERANCANGAN ANTARA MUKA DATA SUPPLIER
Racangan Antar Muka Data Supplier ini akan muncul ketika Combo Box Supplier pada Transaksi Pembelian di klik. Kemudian setelah  itu akan muncul ID dan Nama dari Supplier tersebut.


3.      PERANCANGAN ANTAR MUKA DATA BARANG
Perancangan Antar Muka Layanan Data Barang akan muncul ketika Combo Box ID Barang di klik dan akan menampilkan barang-barang dari data supplier.

  
4.      PERANCANGAN ANTAR MUKA TRANSAKSI PENJUALAN
Rancangan  Antar  Muka Transaksi Penjualan  ini digunakan oleh supermarket untuk mendata stok barang yang dijual oleh supermarket. Di bagian ini, terdapat text input No.Nota, Tanggal Pembelian, ID Pegawai, Sub Total, Jumlah Bayar, Sisa Bayar, Combo Box ID Barang, Kolom hasil penginputan data dari tex input, button edit, hapus, dan cetak.


       Kelompok :
Fatihatul Faidah       (15.05.52.0203)
Dyah Setyawati       (15.05.52. 0284)   
Lutviyani Indasah    (15.05.52.0248)

Daftar Pustaka:

https://defikristiana.wordpress.com/2016/02/11/antar-muka-pengguna-user-interface/


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer