Rancangan Antar Muka (Interface)
A. Pengertian
Antarmuka Pemakai (User
Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem.
Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna
(user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu
mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
User Interface, berfungsi untuk menginputkan
pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan
penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh
step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu
sistem. Yang terpenting dalam embangun user interface adalah kemudahan
dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan
dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
A. Tujuan Antar
Muka (interface) Pengguna
1. Menyesuaikan antar muka pengguna
dengan tugas.
2.
Membuat
antar muka pengguna menjadi efisien.
3.
Memberikan
arus balik yang tepat kepada pengguna.
4.
Memunculkan
pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
5.
Memperbaiki
produktivitas dari pengetahuan pegawai.
B.
Manfaat Antar Muka (Interface) pengguna
Manfaat User Interface untuk
menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi,
sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga
diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat
keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi
software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line
Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus
(ADB), USB, dan fire wire
1.
PERANCANGAN ANTAR MUKA TRANSAKSI PEMBELIAN
Rancangan Antar Muka Transaksi Pembelian ini digunakan oleh supermarket untuk memesan stok barang dari
beberapa supplier supermarket. Di bagian ini, terdapat text input No.Beli,
Tanggal Pembelian, ID Pegawai, Nama Supplier, Jumlah, Jumlah Bayar, Sisa Bayar,
Combo Box Data Supllier, Combo Box ID Barang, Kolom hasil penginputan data dari
tex input, button edit, hapus, dan cetak.
2.
PERANCANGAN ANTARA MUKA DATA SUPPLIER
Racangan Antar Muka Data Supplier ini akan muncul
ketika Combo Box Supplier pada Transaksi Pembelian di klik. Kemudian
setelah itu akan muncul ID dan Nama dari
Supplier tersebut.
3.
PERANCANGAN ANTAR MUKA DATA BARANG
Perancangan Antar Muka Layanan Data Barang akan muncul ketika
Combo Box ID Barang di klik dan akan menampilkan barang-barang dari data
supplier.
4.
PERANCANGAN ANTAR MUKA TRANSAKSI PENJUALAN
Rancangan Antar Muka Transaksi Penjualan ini
digunakan
oleh supermarket untuk mendata stok barang yang dijual oleh supermarket. Di
bagian ini, terdapat text input No.Nota, Tanggal Pembelian, ID Pegawai, Sub
Total, Jumlah Bayar, Sisa Bayar, Combo Box ID Barang, Kolom hasil penginputan
data dari tex input, button edit, hapus, dan cetak.
Kelompok :
Fatihatul Faidah (15.05.52.0203)
Dyah Setyawati (15.05.52. 0284)
Lutviyani Indasah (15.05.52.0248)
Daftar
Pustaka:
https://defikristiana.wordpress.com/2016/02/11/antar-muka-pengguna-user-interface/
makasih atas infonya
BalasHapuspower supply teknisi hp